Peternakan

Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam bidang swasembada daging, Medco Agro pada tahun 2011 mencoba melakukan studi untuk pembibitan sapi dengan sistim terintegrasi sawit - sapi dengan metode pengembalaan berpindah. Program ini melibatkan tiga pihak antara Medco Agro sebagai pemilik lahan kebun kelapa sawit, PT Kadila Jaya sebagai operator dan Willard dari Australia sebagai pemasok induk sapi.

Untuk tahap uji coba Willard mendatangkan 300 ekor induk sapi dalam kondisi bunting, yang kemudian dilepas dan digembalakan di kebun Medco Agro di Kalimantan Tengah. Dalam program ini Medco Agro dan mitranya hanya membatasi sampai melahirkan sapi bakalan. Sedangkan sapi-sapi bakalan ini kemudian dijual kepada pelaku usaha penggemukan.

peternakan-img

Program integrasi sawit sapi ini diharapakan dapat memberi efek mutualisme antara kebun kelapa sawit dengan sapi diantaranya, kebun kelapa sawit membutuhkan perawatan berupa pupuk dan lahan yang bersih dari gulma/rerumputan  sementara sapi butuh rumput sebagai makanannya, kemudian membuang kotoran baik cair maupun padat yang bisa menjadi pupuk.